Awas, Hal-hal Ini Bisa Bikin Kadar Kolesterol Tinggi

Vera Farah Bararah - detikHealth,

Kolesterol pada jumlah tertentu dibutuhkan oleh tubuh, tapi jika jumlahnya terlalu tinggi justru bisa berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu ketahui hal-hal apa saja yang bisa membuat kadar kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi ini sering disebut dengan 'silent killer' karena kebanyakan tidak bergejala tapi bisa berakibat fatal. Ini karena ketika kadar kolesetrol dalam tubuh meningkat menyebabkan penyumbatan yang memicu masalah kardiovaskuler, stroke dan lainnya.

Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg, sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg. Hal-hal berikut ini merupakan penyebab paling umum dari kolesterol tinggi, seperti dikutip dari Timesofindia, Selasa (23/10/2012) yaitu:

1. Pola makan tidak sehat
Penyebab paling sering adalah akibat mengonsumsi banyak lemak jenuh yang dapat menyebabkan kolesetrol tinggi. Lemak jenuh ini banyak ditemukan pada daging merah berlemak, mentega, keju, udang dan juga telur puyuh. Sebaiknya batasi konsumsi makanan tersebut agar tidak berlebihan.

2. Faktor keturunan
Jika ada riwayat kolesterol tinggi dalam keluarga, maka hal ini menjadi salah satu alasan yang patut dikhawatirkan. Bentuk warisan dari kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan lebih awal.

3. Kelebihan berat badan
Kelebihan berat badan dan obesitas tidak hanya membuat orang tak bebas beraktivitas tapi juga meningkatkan kadar trigliserida yang selanjutnya menyebabkan penyumbatan. Oleh karena itu, menjaga berat badan sehat juga turut menangkal risiko kolesterol tinggi.

4. Malas bergerak
Orang yang malas bergerak dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk atau berbaring di sofa cenderung meningkatkan berat badan, dan dampak nantinya menyebabkan risiko besar untuk kolesterol tinggi.

5. Merokok
Rokok memainkan peran penting dalam kadar kolesterol seseorang, karena rokok diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Oleh karena itu, berhenti merokok tidak hanya membuat hidup jadi lebih sehat, tapi juga menjaga tingkat kolesterol di tubuh.

6. Jenis kelamin
Perempuan umumnya memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah sebelum ia menopause. Tapi jika sudah menopause maka kadar kolesterolnya bisa lebih tinggi dari laki-laki. Selain itu, jumlah kolesterol ini secara alami mulai meningkat ketika berusia di atas 20 tahun sampai usia 60-65 tahun.

7. Alkohol
Mengonsumsi alkohol secara teratur dapat merusak otot hati dan jantung yang nantinya berdampak pada tekanan darah tinggi serta meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Stres
Sebagian besar orang yang stres menghibur dirinya sendiri dengan merokok, minum alkohol atau mengonsumsi makanan berlemak. Jika stres terjadi berkepanjangan, maka ini akan membentuk kebiasaan pada diri orang tersebut, yang tentu saja dapat menyebabkan kadar kolesterol darah meningkat.

9. Penyakit
Beberapa penyakit tertentu seperti diabetes dan hipotiroid dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk itu, seseorang perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur agar kadar kolesterolnya terus terkontrol.
(ver/nvt)
Share this article :
 

Poskan Komentar

Kritik dan saran dipersilahkan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. go blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger