Kesalahan di Usia Muda yang Berisiko bagi Kesehatan Ketika Tua

Linda Mayasari - detikHealth


ilustrasi (foto: Thinkstock)

Kenakalan seseorang di masa muda seperti mabuk-mabukan dan gonta-ganti pasangan seks mungkin tidak banyak berpengaruh terhadap kesehatannya pada waktu itu. Tetapi masalah kesehatan mungkin akan muncul ketika Anda telah dewasa atau di usia tua.

Hindari kebiasaan buruk di masa muda agar tetap sehat di usia tua. Seperti dilansir BestHealth, Senin (22/10/2012) berikut 5 kebiasaan di usia muda yang berisiko tehadap kualitas kesehatan di hari tua:

1. Gonta-ganti pasangan seks
Melakukan hubungan seks dengan beberapa orang atau bergonta-ganti pasangan tidak hanya meningkatkan risiko terhadap penyakit menular seksual, tetapi wanita juga dapat terancam kanker serviks.

Wanita yang memiliki banyak partner seks akan lebih besar kemungkinannya untuk mendapatkan HPV (human papillomavirus), yang dapat menyebabkan kanker serviks. HPV ini dapat dicegah dengan mendapatkan vaksin HPV dan hanya memiliki satu pasangan seks saja, yaitu suami atau istri Anda.

2. Merokok dan menggunakan ganja
Asap ganja mengandung hidrokarbon hingga 50 sampai 70 persen lebih banyak dari asap tembakau. Komponen asap ganja juga dapat menetap dalam paru-paru dalam waktu yang sangat lama, sehingga meningkatkan risiko kanker paru-paru di kemudian hari.

Hindari merokok tembakau dan ganja untuk menjaga kesehatan paru-paru di usia tua.

3. Sering terbakar sinar matahari tanpa perlindungan
Tidak ada yang menyangka bahwa kesalahan di masa muda yang tidak melindungi kulit dari sengatan matahari dapat memiliki efek di usia tua. Hampir 80 persen kerusakan kulit akibat sinar matahari terjadi sebelum usia 18 tahun.

Semakin banyak paparan sinar matahari, akan semakin besar pula kemungkinan untuk memiliki keriput, bintik-bintik hitam, bercak-bercak, dan perubahan warna kulit di kemudian hari. Bahkan yang lebih serius adalah peningkatan risiko kanker kulit di usia tua.

Risiko kanker kulit atau melanoma akan meningkat sebesar 75 persen jika Anda melakukan tanning untuk menggelapkan kulit pada usia di bawah 35 tahun. Lindungi kulit Anda dari bahaya sinar matahari dengan menggunakan tabir surya sejak dini.

4. Mengonsumsi minuman keras
Efek buruk minuman beralkohol dapat bertahan hingga Anda tua dan dapat mempengaruhi kesehatan Anda di kemudian hari. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 3.803 orang dewasa, mantan peminum minuman beralkohol lebih sering mengalami depresi, masalah jantung, bronkitis kronis, dan diabetes setelah usia 40 tahun.

5. Tinggal di lingkungan yang udaranya sangat tercemar
Paru-paru anak jauh lebih rentan terhadap kerusakan akibat polusi udara dan rusaknya lapisan ozon tingkat tinggi daripada orang dewasa. Jika Anda tinggal di lingkungan yang kondisi udaranya sangat tercemar sejak kecil, kemungkinan untuk memiliki penyakit paru-paru di usia tua sangatlah besar.

Salah satu studi bahkan menunjukkan bahwa paparan polusi udara selama beberapa tahun dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru hingga 25 persen. Selain itu, menghirup udara yang telah tercemar polusi sama berbahayanya menghisap asap tembakau dari rokok.

(ir/ir)
Share this article :
 

Posting Komentar

Kritik dan saran dipersilahkan

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. go blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger